Mengulas Manfaat Madu untuk Kesehatan

  • April 28, 2021

Madu memiliki banyak manfaat yang baik dan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang terkenal dari mengkonsumsi madu adalah meningkatkan stamina, membantu menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk, dan bisa memelihara kesehatan jantung. Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam diantaranya ada gula yang membuat madu terasa manis, serta senyawa aktif yang juga terdapat di propolis, yakni kandungan vitamin A atau retinol, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E atau tocopherol, vitamin K, flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid.

Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat madu untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan stamina

Madu bisa meningkatkan stamina, karena adanya kandungan gula di dalamnya. Kandungan gula di dalam madu memberikan rasa manis dan bisa memberikan stamina yang baik ketika kamu sedang bekerja atau juga berolahraga.

  • Menangkal radikal bebas

Madu mengandung senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin yang bersifat antioksidan alami. Antioksidan alami ini bisa menangkal radikal bebas berlebih di dalam tubuh, serta berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang karena aktivitas oksidasi.

Karena kandungan ini jugalah madu bisa memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, mencegah diabetes, mencegah serangan jantung, sampai pencegahan kanker.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Berhubungan dengan poin nomor 2 di atas, madu memiliki kandungan senyawa fitonutrien yang bisa memperkuat sel-sel imun dalam tubuh sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi. Selain itu, kandungan madu ini juga bekerja sebagai antibakteri dan antijamur.

  • Meredakan batuk

Bukan hal yang baru jika madu dikenal sebagai pereda batuk. Adanya rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur yang berfungsi melembapkan tenggorokan yang kering. Karena hal inilah rasa gatal yang menyebabkan keinginan untuk batuk bisa berkurang. Kandungan antioksidan di madu juga memiliki manfaat dalam meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Manfaat madu dalam meredakan batuk ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian dimana disimpulkan bahwa madu bisa jadi obat batuk alami, baik itu untuk orang dewasa dan anak-anak yang berusia di atas 2 tahun.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa madu efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Adapun jenis luka yang mungkin dapat disembuhkan oleh madu yang steril diantaranya adalah luka bakar, lecet, dan luka diabetes.

Produk yang mengandung madu, seperti beeswax diyakini bisa membantu dalam membunuh bakteri pada luka, menyingkirkan jaringan yang mati, serta merangsang pertumbuhan kulit baru untuk menutup luka.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Madu juga memiliki sifat probiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Karena inilah madu juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Madu memiliki senyawa fitonutrien yang bisa cara melancarkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah sehingga bisa menjaga kesehatan jantung.

Pada umumnya, madu bersifat aman dan baik untuk semua orang tanpa menimbulkan banyak efek samping. Namun madu belum bisa diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun karena memungkinkan terjadinya keracunan. Pada beberapa kasus juga madu bisa memungkinkan menimbulkan alergi terhadap orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari. Madu juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena madu memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi. Supaya aman, kamu juga harus memastikan kalau madu yang kamu konsumsi sudah terdaftar di BPOM RI ya.

Qidam

E-mail : admin@pagipagi.my.id

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*