Mengapa Mengelola Vendor Merupakan Layanan Berharga bagi Penyedia Layanan Terkelola

  • August 8, 2021

Mengapa Mengelola Vendor Merupakan Layanan Berharga bagi Penyedia Layanan Terkelola

Sementara istilah “Layanan Terkelola” bersifat subjektif terkait dengan industri TI, saya suka definisi berikut untuk Penyedia Layanan Terkelola (MSP).

Bagi saya, Layanan TI Terkelola SMB adalah layanan di mana perusahaan TI memberikan kepada klien mereka dengan biaya bulanan tetap:

Dukungan Teknis "All You Can Eat" tanpa batas
Pemantauan dan Pemeliharaan 24x7x365
Manajemen vendor

Dalam artikel ini saya ingin fokus pada aspek Manajemen Vendor Layanan Terkelola Jasa Pendirian PT Jakarta, karena meskipun sering diabaikan, menguasainya dapat menjadi perbedaan antara mengoperasikan kontrak Layanan Terkelola yang menguntungkan dan kontrak yang menghabiskan waktu, energi, dan keuntungan Anda.

Vendor, Vendor Dimana-mana

Sebagai MSP, ketika Anda memenangkan klien Layanan Terkelola baru – mereka jarang menjadi situs “bidang hijau”. Artinya, mereka biasanya memiliki vendor TI lama yang menyediakan layanan mereka sendiri yang diharapkan Anda kelola atas nama klien. Layanan ini dapat berupa:

Anti Virus
Keamanan Email
Pencadangan dan Pemulihan Bencana di Luar Situs
Internet pita lebar
Pemeliharaan Perangkat Keras
Telekomunikasi
Hosting Web

Peran Anda sebagai MSP adalah mengelola vendor ini untuk memastikan klien menerima layanan yang mereka butuhkan dan layak.

Selain mendokumentasikan dalam sistem internal Anda dan memproses serta mengajari staf Anda cara mendapatkan dukungan dan manajemen akun dari masing-masing vendor ini, Anda sering kali perlu melatih teknisi Anda tentang cara memberikan dukungan lini pertama ke produk, memahami prosedur eskalasi dukungan darurat , dan tetap up to date pada setiap perubahan teknologi dalam produk vendor.

Sebagai MSP yang lebih kecil, pada awalnya ini mungkin tidak menjadi tantangan. Bahkan, membangun hubungan dengan vendor baru dan mempelajari Teknologi baru dapat membantu memperluas pengalaman Anda.

Tetapi saat Anda memenangkan lebih banyak klien Layanan Terkelola, dan memperoleh berbagai Vendor dan Produk Vendor yang terus berkembang untuk dikelola – segalanya menjadi sangat berbeda. Bayangkan mencoba mengelola 60 klien masing-masing dengan 3 atau 4 produk vendor yang berbeda. Ini menjadi tugas besar, dan setiap saat Anda dan staf Anda mencoba mengelola klien, vendor memakan keuntungan.

Tawarkan Portofolio Anda Sendiri

Solusinya adalah membangun portofolio produk dan vendor pilihan Anda sendiri, dan menerapkan pendekatan terstruktur untuk membantu klien Anda bermigrasi ke produk ini.

Manfaat memindahkan klien Anda ke vendor dan produk pilihan Anda ada tiga kali lipat.

Satu – bekerja dengan satu vendor pilihan untuk suatu produk memungkinkan perusahaan Anda membangun hubungan yang lebih dalam dengan vendor tersebut – yang dapat membantu Anda menegosiasikan potongan harga dan penawaran khusus dalam perjalanan Anda untuk menjadi klien favorit vendor tersebut.

Kedua, ini membantu Anda memberikan layanan yang jauh lebih efisien kepada klien Anda. Ketika teknisi Anda hanya perlu berurusan dengan satu tim Dukungan Teknis vendor, tim keuangan Anda hanya perlu berurusan dengan satu Manajer Akun, dan ketika Anda hanya perlu menulis satu prosedur eskalasi untuk Manual Operasi perusahaan Anda – mendukung klien Anda menjadi jauh lebih efisien dan menguntungkan.

Qidam

E-mail : admin@pagipagi.my.id

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*