5 Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

  • September 17, 2021
Buku Kisah Seru 5 Nabi Ulul Azmi | Toko Buku Online - Bukukita
source gambar : bukukita.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa didalam Alquran sudah tercatat ada 25 Nabi yang menjadi teladan bagi umat muslim. Kedudukan ke 25 nabi ini sangatlah mulia di hadapan Allah SWT, bahkan Allah SWT memerintahkan umatnya untuk selalu meneladani kisah-kisah dan juga ketaqwaan dari nabi-nabi tersebut.

Dari ke 25 nabi tersebut, ada 5 orang nabi yang ternyata melebihi kelebihan istimewa yang diberikan oleh Allah SWT. 5 orang nabi tersebut mendapat julukan Rasul Ulul Azmi yang memiliki artian sebagai Rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa besar saat sedang meghadapi ujian dari Allah SWT.

Bahkan disaat titik terendahnya pun para rasul ini tetap mengutamakan Allah SWT diatas segalanya, meskipun itu harus mengorbankan diri sendiri ataupun keluarga yang disayangi. Mari kita simak kisah-kisah dari ke 5 rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi berikut.

  • Nabi Nuh As

Nabi Nuh As adalah seorang nabi yang hidup diantara kaum Bani Rasib, yakni kaum yang menyembah berhala dan patung sebagai Tuhan mereka, akhirnya Allah pun memberikan azab pada kau mini berupa kekeringan yang panjang yang mengakibatkan matinya ternak dan juga pertanian yang hancur selama puluhan tahun.

Setelah itu Nabi Nuh As pun mendapat perintah dari Allah SWT untuk membuat sebuah kapal besar karena akan datang bencana banjir yang dahsyat. Tetapi selama membuat kapal ini Nabi Nuh As malah mendapat cemooh dari kaum Bani Rasib. Sampai akhirnya datanglah banjir itu yang meratakan seluruh kaum Bani Rasib termasuk istri dan anak nabi Nuh As.

  • Nabi Ibrahim As

Perjuangan pertamanya dimulai saat Ia harus bisa mengajak kaumnya untuk berhenti menyembah berhala dan mulai menyembah Allah SWT. Tidak hanya ini, nabi Ibrahim As pu kembali mendapat ujian. Setelah semua itu Nabi Ibrahim pun diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya sendiri, namun karena ketaatannya pada Allah akhirnya Allah SWT menggantikannya dengan seekor kambing.

Ujian selanjutnya datang saat Nabi Ibrahim As dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud, namun karena keteladanannya pada Allah SWT akhirnya Allah memberi mukjizat kepada Ibrahim yakni membuat api yang membakar tubuhnya terasa dingin, sehingga Ibrahim tidak merasa seperti dibakar.

  • Nabi Musa As

Ujian pada Nabi Musa As sudah dimulai sejak Ia baru saja dilahirkan, karena ibu Nabi Musa yakni Yukabad terpaksa harus menghayutkan anaknya di sungai nil karena takut anaknya dibunuh oleh Raja Fir’aun. Namun Allah SWT menyelamatkannya dengan dipertemukannya Musa dengan istri Fir’aun yang menjadi ibu angkatnya.

Namun saat dewasa Musa yang selalu berdakwah mendapat banyak gangguan dari penyihir istana dan akhirnya Allah SWT memberi Musa mukjizat yakni sebuah tongkat yang bisa membelah laut merah. Musa pun menggunakan tongkat itu untuk membinasakan pasuka Fir’aun.

  • Nabi Isa As

Nabi Isa As merupakan nabi yang sudah dikaruniai banyak mukjizat bahkan sejak Ia bayi seperti sudah bisa berbicara sejak bayi, Nabi Isa pun bisa menyembuhkan orang berpenyakit kulis dan juga orang buta. Cobaan Nabi Isa As dimulai saat Ia diangkat menjadi seorang Nabi.

Bahkan Nabi Isa pernah hampir ditangkap oleh pasukan musuh untuk dibunuh disebuah papan salib, namun dengan izin Allah SWT nabi Isa diselamatkan dengan orang yang dibuat mirip dengannya.

  • Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang paling mulia diantara semua nabi yang diketahui. Bahkan Nabi Muhammad SAW merupakan satu-satunya nabi yang pernah berbicara langsung dengan Allah SWT.

Keteladanan dan ketaqwaan dari Nabi Muhammad sangatlah patut dicontoh oleh seluruh umatnya. Bahkan di penghujung hayatnya pun nabi Muhammad tetap memikirkan bagaimana nasib umatnya kelak.

Qidam

E-mail : admin@pagipagi.my.id

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*